Jumat, 24 November 2017

Lomba Tulisan "Kerokanisme"


Kerokan bagi Penderita Kanker
            Penyakit kanker merupakan penyakit yang menakutkan bagi sebagian orang. Penyakit ini pula yang diderita istri saya. Dimulai dari tangan pegal dibulan Juli 2016, kemudian tangan atau lengan tidak dapat diangkat ke atas melebihi bahu, serta rasa nyeri yang mulai menjalar ke bagian dada. Kami sudah konsultasi beberapa dokter bahkan ketika dilakukan USG mamae, hanya tampak gumpalan lemak. Baru ketika kami ke dokter onkologi (spesialis kanker) istri saya menjalani biopsi ( operasi pengambilan sampel )  hasilnya positif ada kanker. Setelah pengangkatan organ ( payudara ) istri saya menjalani kemoterapi sebanyak 6 kali dilanjutkan program minum obat setiap hari selama 5 tahun serta cek-up setiap 6 bulan.
Akibat kemoterapi menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun drastis dan keadaan ini juga dialami sesama pasien yang telah menjalani terapi kemoterapi. Aktivitas sebentar badan terasa lelah, perjalanan tidak terlalu jauh kepala terasa berat, badan pegal dan lain-lain. Pada mulanya keluhan ini saya sampaikan pada dokter ketika kontrol dan diberi obat-obat suplemen. Tetapi setelah kami pikir, terlalu banyak obat-obatan yang masuk dalam tubuh masak “ dikit-dikit minum obat “, maka kami coba dengan mengolesi atau melumuri minyak kayu putih Cap Lang di bagian punggung sambil melakukan pijatan dan sedikit refleksi. Ternyata hasilnya cukup bagus karena istri saya “ bersendawa “. Setelah bersendawa berkali-kali, ternyata kepala terasa ringan dan badan terasa nyaman.
Pada mulanya kami takut melakukan “kerokan” mengingat dia adalah penderita kanker walaupun sebelumnya kami biasa melakukan “kerokan”. Namun ketika kami tanyakan kepada dokter yang merawat yaitu bapak dr. Dr. Selamat Budijitno, Msi, Med, SpB, SpB(K)Onk  , ternyata boleh dilakukan “kerokan” dan akhirnya kami melakukan kerokan dengan balsem lang. Kami pilih balsem lang karena tidak lengket, memiliki aroma yang menenangkan cepat menghilangkan masuk angin.

Demikian pengalaman kami semoga bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan penderita kanker pada khususnya.

Tidak ada komentar: